Cara Non Aktifkan Fitur Auto Update Aplikasi Android di Play Store

Cara Non Aktifkan Fitur Auto Update Aplikasi Android di Play Store - Fitur auto update pada smartphone android memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan layanan update secara otomatis pada aplikasi smartphone android yang dimilikinya. Dengan adanya fitur dan layanan ini, pengguna smartphone android tidak perlu bersusah payah dalam mendapatkan aplikasi atau game versi terbaru di smarphone miliknya lewat aplikasi Playstore.

Cara Non Aktifkan Fitur Auto Update Aplikasi Android di Play Store
Cara Non Aktifkan Fitur Auto Update Aplikasi Android di Play Store

Alasannya adalah karena aplikasi tersebut akan secara otomatis terupdate (diperbaharui) jika ada versi baru yang keluar, sehingga pengguna smartphone android akan selalu mendapatkan aplikasi versi terbaru.

Namun, banyak dari pengguna smartphone android sedikit terganggu dengan adanya layanan ini. Alasannya karena fitur ini kadang menyebabkan kinerja smartphone yang mereka gunakan menjadi lambat dan berat karena RAM dan kapasitas internal memori yang tersedia tidak memiliki ruang yang mencukupi untuk menampung aplikasi atau game yang di update karena biasanya aplikasi dan game tersebut ukurannya menjadi lebih besar. Terutama untuk smarphone yang memiliki spesifikasi RAM dan internal memori rendah.

Biasanya, smartphone android dengan kondisi baru akan memiliki setting default auto update pada layanan playstore, sehingga hal ini menyebabkan smartphone akan memaksa secara otomatis mengupdate aplikasi dan game yang ada jika koneksi internet lancar dan memungkinkan, terutama pengguna wifi.

Untuk menjaga kinerja smartphone miliknya, kebanyakan pengguna akan lebih senang memilih dan mengupdate aplikasi atau game yang hanya mereka sukai saja, sedangkan untuk aplikasi yang jarang atau tidak pernah dibuka tidak perlu di update.

Jenis Layanan Update Aplikasi Android di Play Store

Secara umum, ada 3 (tiga) jenis pilihan Layanan Update Aplikasi Android di Play Store. Ketiga jenis layanan tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Jangan update aplikasi secara otomatis. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk secara manual memilih jenis aplikasi yang diinginkan untuk di update. Aplikasi tidak akan diupdate walaupun ada pembaharuan dan memiliki koneksi internet lancar.
  2. Update secara otomatis kapan saja. Mungkin dikenakan biaya data. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan layanan update otomatis semua aplikasi yang terinstal secara otomatis ketika ada aplikasi yang mengalami pembaharuan dan terhubung dengan koneksi internet.
  3. Update aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-fi. Mungkin dikenakan biaya data. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan layanan update otomatis semua aplikasi yang terinstall secara otomatis hanya ketika terhubung dengan jaringan wifi.

Cara Menonaktifkan Fitur Auto Update Aplikasi Android di Play Store

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk Menonaktifkan Fitur Auto Update Aplikasi Android di Play Store antara lain sebagai berikut :
  1. Masuk ke Aplikasi Play Store lewat perangkat smartphone kamu.
  2. Pilih menu pilihan dengan mengklik Ikon Tiga Strip Garis Mendatar (pojok kiri atas).
  3. Pilih menu Setelan (gambar gerigi).
  4. Pilih menu Update Aplikasi Secara Otomatis.
  5. Selanjutnya kamu akan diberi 3 (tiga) opsi jenis update, pilih opsi Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis.
  6. Jika sudah, silakan kembali dan keluar dari Play Store.

Nah, sekarang smartphone kamu telah terbebas dari fitur layanan update aplikasi secara otomatis. Kamu bisa memilih jenis aplikasi mana yang kamu inginkan untuk di update. Mudah bukan?
 
Demikian artikel mengenai Cara Non Aktifkan Fitur Auto Update Aplikasi Android di Play Store. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.
Oldest